Intel Mendemokan Chip dengan Prosesor Yang Memiliki 48 Core


Wow, Intel mendemokan sistem dengan chip yang memiliki 48 core, ckckck. X-bit labs mendapati sistem supercomputer on chip disingkat SCC ini pada demo di Eropa yang berjalan pada motherboard eksperimental “Copper Ridge” dengan I/O terintegrasi, grafis yang juga terintegrasi serta 8 slot DIMM. Tidak ada port SATA, tetapi menggunakan flash disk USB untuk penyimpanan.

Menurut laporan, SCC ini memiliki 23 tile/kotak dengan dua core x86 pada tiap kotak/tilenya di mana masing masing memiliki cache L2 sendiri dan dapat menjalankan OS maupun software terpisah seperti unit komputasi mandiri yang berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan berbasis packet/paket. SCC ini juga mengintegrasikan 4 kontroler memori DDR3.

Chip 48 core ini memiliki 24 router kecil antar core yang memfasilitasi pertukaran data lebih cepat di antara chip. Tiap core juga memiliki buffer pada chip yang dapat secara instan bertukar data secara paralel ke semua core.

Intel juga menginformasikan bahwa chip 48 core ini memiliki sistem sumberdaya yang lebih canggih yang dapat menarik data antara 25 watt sampai 125 watt. Sistem ini juga dapat mengurangi kecepatan clock dan menonaktifkan core.

Intel menyingkapkan bahwa chip eksperimental ini berjalna pada frekuensi sama dengan CPU Atom jadi kurang lebih 1.2 GHz sampai 1.83 Ghz.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © terbatastakterhingga